Cara Menghemat Sumber Daya Alam Dalam Islam

Posted on

Cara Menghemat Sumber Daya Alam Dalam Islam – Menghemat dalam menggunakan sumber daya alam, untuk kesejahteraan manusia merupakan hal yang sangat penting. Alam yang menyediakan sumber daya untuk keperluan hidup manusia, pada suatu saat akan berkurang jumlahnya dan jenisnya. Hal ini karena beberapa faktor, seperti Adanya faktor keterbatasan dari jumlah sumber alam tersebut, Adanya faktor dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui, Sebagai akibat perbuatan dan ulah manusia dalam penggunaannya.

Menghemat Sumber Daya Alam Dalam Islam

menghemat sumber daya alam dalam islam

Karena sumber alam yang melimpah ruah itu mempunyai sifat ke keterbatasan, dan tidak merata, maka kita harus dapat menggunakannya sumber alam itu dengan hemat dan sesuai dengan keperluannya yang wajar. Antara sumber alam dengan kehidupan manusia di bumi ini terdapat timbal balik, dalam arti saling memerlukan. Manusia memerlukan sumber alam itu untuk kelangsungan hidupnya, demikian juga sumber alam itu memerlukan perlindungan agar dapat lestari. Itulah sebabnya kita harus memeliharanya agar terdapat keseimbangan antara manusia dengan sumber daya alam itu dengan tujuan yang rasional sesuai petunjuk Allah dalam Al Qur’an :

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Artinya: “Makanlah dan minumlah olehmu, tetapi jangan berlebih-lebihan sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. ( QS Al A’raf, ayat 31)

Mengapa kita berusaha mencegah pemborosan penggunaan sumber alam ?. Tentu saja karena sumber alam itu akan berkurang karena diinginkan manusia sepanjang masa. Dan akibat dari pemborosan penggunaan Sumber alam masa kini akan menimbulkan pengaruh bagi kehidupan masa datang.

Baca juga : Berbuat Baik Kepada Tetangga Dalam Islam

Selain hemat dengan sumberdaya alam, Islam juga sangat menganjurkan, supaya kita berlaku hemat, hidup sederhana, yakni menyimpan sebagian dari harta dan memeliharanya untuk dipakai saat membutuhkannya nanti di waktu yang akan datang. Yang disimpan itu, ialah yang dari sisa-sisa perbelanjaan.

Berhemat dengan cara yang telah diterangkan diatas, merupakan suatu kewajiban pribadi yang wajib dipelihara, baik dalam berusaha, bekerja, berniaga, bercocok tanam, beternak, dan lain sebagainya.

Rasulullah Saw bersabda:

اْلاِقْتَصَادُ فِى الْنَفَقَةِ نَصْفُ الْمَعِيْشَةِ

Artinya: “Berlaku hemat dalam membelanjakan harta, ialah separuh dari pada penghidupan” (H.R. Al Khatib)

Harta dan kekayaan tidak akan datang dengan sendirinya. Melainkan dengan adanya usaha yang halal dan dengan memelihara harta-harta yang telah diperoleh dan menjaganya. Salah satu jalan yaitu dengan berhemat dan digunakan secara sederhana atau seperlunya saja.

Baca juga: Suka Menolong Orang Lain Dalam Islam

Demikianlah mengenai cara menghemat sumber daya alam dalam Islam. Semoga apa yang di uraikan diatas bisa bermanfaat. (muslimpintar.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.