Pengertian Egois Dan 5 Akibat Sifat Egois Dalam Islam

Posted on

Pengertian Egois Dan Akibat Sifat Egois – Kita Sebagai makhluk sosial dan hidup di tengah-tengah masyarakat tentunya kita bergaul dengan banyak orang yang mempunyai keinginan, kemauan serta berbeda-beda keyakinan dan agama. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai dalam bergaul, apabila kita dapat menerapkan ajaran Islam tentang pergaulan dalam masyarakat. Insya Allah kita akan mempunyai kehidupan yang aman tentram dan damai serta memiliki banyak teman dan dihormati oleh orang lain.

Dalam kehidupan bermasyarakat kita harus menghindari sifat egois karena sifat egois merupakan akhlak mazmumah yang harus dihindari oleh kita selaku umat islam. Sebab selain berdosa, sebab akhlakul mazmumah juga akan merugikan diri sendiri, keluarga, orang lain dan lingkungan sekitar. Untuk lebih lengkapnya mengenai sifat egois berikut ini penjelasan mengenai sifat egois dan akibat mempunyai sifat egois.

Pengertian Egois Dan 5 Akibat Sifat Egois

Pengertian Egois

Egois merupakan sifat tercela yang harus dijauhi oleh setiap manusia. Egois adalah sifat yang menilai sesuatu hal berdasarkan kepentingan dirinya sendiri sehingga tidak memikirkan atau menanggapi kepentingan orang lain. Lebih tepatnya hanya mementingkan dirinya sendiri, tidak menghiraukan orang lain, tidak menerima pendapat orang lain serta tidak menerima saran dan kritik orang lain.

Baca Juga : Pengertian Munafik dan Ciri-ciri Orang Yang Munafik

Orang yang egois mirip dengan orang yang takabur atau sombong dan angkuh. Orang yang egois selalu bersifat acuh tak acuh terhadap lingkungan sekitarnya. Selama tidak menguntungkan dirinya, ia tidak mau tahu dan menganggap remeh orang lain. Begitulah anggapan orang yang egois. Sifat egois akan mendatangkan kehancuran bagi dirinya sendiri.

Rasulullah Saw bersabda :

إِذَا رَأَيْتَ شُحًّا مُطَاعًا وَهَوًى مُتَّبَعًا وَدُنْيَا مُؤْثَرَةً وَإِعْجَابَ كُلِّ ذِي رَأْيٍ بِرَأْيِهِ فَعَلَيْكَ بِنَفْسِكَ

Artinya : “Jika engkau melihat kikir ditaati, hawa nafsu diikuti, dan kekaguman pemilik pendapat, jagalah dirimu.” (HR Abu Daud)

Sebagai umat Islam, kita harus menjauhi sifat egois. hal ini karena sifat egois akan merugikan diri sendiri dan juga merugikan orang lain, bahkan lingkungan sekitar.

Akibat Memiliki Sifat Egois

Bahaya yang diakibatkan memiliki sifat egois, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Merusak tali persaudaraan karena sifat egois hanya mementingkan dirinya sendiri tidak memperdulikan orang lain.
  2. Memutuskan hubungan silaturahim dengan sesamanya, karena enggan untuk bersilaturahmi dan suka jika orang bersilaturahmi kepadanya.
  3. Dijauhi orang dan teman-temannya karena menimbulkan orang lain tidak suka.
  4. Menimbulkan kebencian, pertengkaran dan permusuhan.
  5. Berdosa di sisi Allah Swt, karena sifat itu tidak baik dan dilarang dalam Islam.

Baca Juga : Pengertian Munafik dan Ciri-ciri Orang Yang Munafik

Itulah Bahaya sifat egois. Oleh karena itu, kita sebagai seorang muslim harus selalu berusaha menjauhi sifat tercela seperti halnya dengan sifat egois. Kita harus peduli terhadap lingkungan disekitar kita, jangan sampai hanya mementingkan kepentingan diri sendiri. Kita seharusnya peduli kepada lingkungan sekitar kita dan peduli terhadap orang lain serta apa saja yang ada disekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.