Pengertian Kerja Keras, Tekun, Ulet Menurut Islam

Posted on

Pengertian Kerja Keras, Tekun, Ulet Menurut Islam – Untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan tentu saja kita harus berusaha untuk mendapatkannya. Misalnya untuk mendapatkan nilai yang bagus, sebagai seorang pelajar kita harus bekerja keras, tekun dan ulet dalam berusaha menggapainya. Tentunya hal ini harus dilakukan dengan belajar yang rajin. Demikian pula dalam mencari rezeki yang halal dari Allah Swt, untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari kita harus bekerja keras, tekun dan ulet untuk memenuhinya.

pengertian bekerja keras dalam islam

Orang yang bekerja keras adalah orang yang bekerja dengan gigih dan bersungguh-sungguh serta tidak mudah putus asa. Tekun berarti rajin berkemauan kuat, bersungguh-sungguh, dan disiplin serta cermat. Dan ulet berarti tidak mudah putus asa dalam rangka meraih tujuan yang diinginkan atau yang di cita-citakan.

Hadist Tentang Kerja Keras

Sabda Rasulullah Saw:

لِاَنْ يَغْدُوَ أَحَدُكُمْ فَيَهْتطِبُ عَلَى ظَهْرِهِ فَيَصَدِّ قُ بِهِوَ يَسْتَغْنِيَ بِهِ مِنَ النَّاسِ خَيْرُلَهُ مِنْ ِاَنْ يَسْأَلَ رَجَلَا اَعْطَاهً أَوْمَنْعُهُ ذَالِكَ فَإِنْ الْيَدَّالْعُلَيْنَا اَفْضَلْ مِنَ الْسَدِالسُفَلَى وَبْدَأَ بِمَنْ تَعُوْل

Artinya: “Jika sekiranya di antara kamu berangkat pada pagi hari untuk mencari kayu bakar lalu dia memikul di punggungnya, kemudian dia bersedekah dengannya tanpa mengharapkan pemberian-pemberian orang lain, maka hal ini lebih baik daripada meminta-minta kepada orang lain baik orang lain itu memberikan atau menolaknya, karena tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah dan mulailah dengan memberi nafkah atau mendidik orang-orang yang menjadi tanggunganmu.” (HR Bukhari Muslim)

Dalam membangkitkan semangat agar bekerja keras Nabi Saw bersabda:

اِعْمَلْ لِدُنْيَاكَ كَاءَ نَّكَ تَعِيْشُ اَبَدًا وَاعْمَلْ لِاعَخِرَتِكَ كَاَ نَّكَتَمُوْتُ غَدًا

Artinya: “Bekerjalah untuk kebahagiaan mu seakan-akan kamu akan hidup selama-lamanya dan beramal lah untuk akhirat mu seakan-akan kamu mati esok hari.”(HR Baihaqi)

Rasulullah Saw bersabda:

اِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْمُؤْمِنِ مِنَ الْمُحْتَرِفُ

Artinya: “Rasulullah  Saw bersabda, “Sesungguhnya Allah mencintai orang yang beriman yang bekerja.” (HR Thabrani)

Baca juga: Pengertian Berhati Lembut Dalam Islam

Demikianlah mengenai pengertian kerja keras, tekun dan ulet dalam islam. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.