Pentingnya Membina Akhlak Dalam Islam

Posted on

Pentingnya Membina Akhlak Dalam Islam – Ilmu Pengetahuan dengan akhlak merupakan dua unsur yang tak dapat dipisahkan dan tak boleh ada yang dikalahkan. Antara pengembangan ilmu pengetahuan dan pengembangan akhlak harus selaras dan seimbang.

Jika ilmu pengetahuan umum saja yang dikembangkan akan berakibat fatal yang membahayakan diri sendiri, masyarakat dan dunia. Hal ini dapat terjadi karena orang yang berilmu pengetahuan itu akan menggunakan ilmunya dengan semena-mena tanpa memikirkan akibatnya, sehingga menghalalkan segala cara asal dia sendiri mendapatkan keuntungan.

membina ahkhlak dalam islam

Sebaliknya, jika hanya akhlak saja yang dikembangkan (tanpa berilmu pengetahuan) akan berakibat fatal yaitu keterbelakangan dan tak dapat mencapai kemajuan.

Pentingnya Membina Akhlak

Ilmu Pengetahuan umum berkedudukan sebagai kaki untuk berjalan mencapai kemajuan, sedangkan akhlak sebagai obor (pelita) untuk memberi petunjuk ke arah kebaikan Albert Einstein mengatakan dalam mottonya “Religion without science is lame, Science without religion is blind” yang artinya, Agama tanpa ilmu pengetahuan lumpuh adanya, Ilmu pengetuhan tanpa agama buta adanya.

Motto ini mempunyai maksud, agar dapat terjadi tata kehidupan yang baik maka seseorang harus memiliki pengetahuan umum yang seimbang dengan pengetahuan agama atau pengetahuan agama yang seimbang dengan pengetahuan umum. Atau dapat disebut juga intelek yang santri atau santri yang intelek.

Baca juga: Sebab dan Cara Menghormati Guru Dalam Islam

Presiden Soeharto pernah mengatakan “Merosotnya akhlak suatu masyarakat pertanda kurang dihayati agama secara baik”. Hal ini menunjukkan bahwa: ajaran agama adalah salah satu sarana yang terpenting dalam pembinaan akhlak. Sedangkan akhlak sangat menentukan berhasilnya pembangunan masyarakat atau bangsa.

Akhlak sangat penting dalam pembangunan bangsa.

Syaugi Bey Ibnu Ruslam dalam sairnya:

اِنَّمَا الْاَمَمُ الْاَخْلَا قُ مَا بَقِيَتْ فَاِنْ هُمُوْا ذَبَتْ اَخْلَا قُ هُمْ ذَهَبَوْا

Artinya: “Tetap Juanya bangsa-bangsa hanyalah karena akhlaknya. Bila mereka sudah tidak berakhlak, maka musnahlah mereka.”

Syair ini menjelaskan betapa pentingnya akhlak dalam kehidupan bangsa sehingga dapat menentukan kejayaan maupun kemusnahan. Itulah suatu cara membina akhlak, maka marilah kita mendalami ajaran agama agar dapat membina akhlak yang baik. Sehingga kita berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara, sekalian menjadi umat beragama yang baik dan maju. Demikianlah mengenai pentingnya membina akhlak dalam Islam. semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.