Pentingnya Menepati Janji Dalam Islam

Posted on

Pentingnya Menepati Janji Dalam Islam –  Menepati janji adalah sesuatu yang sangat penting yang membawa harga diri. Orang yang baik sudah pasti tidak mau mengeluarkan perkataan yang sia-sia dan tidak ada gunanya serta tidak mau mengingkari janji. Berjanji merupakan sebuah ucapan yang sangat berharga yang harus ditepati pada waktunya, karena didalam janji itu memberi harapan pada orang lain.

pentingnya menepati janji

Orang yang berjanji berarti ia menyatakan kesanggupannya untuk melakukan sesuatu yang ia janjikan kepada orang lain. Misalnya seseorang berjanji akan berkunjung ke rumah temannya pukul 5 sore , berarti seseorang tersebut menyatakan kesanggupannya datang kerumah temannya tepat pada jam yang telah ia tentukan dalam janjinya. Sebagai seorang muslim sebaiknya menjauhi sifat suka meremehkan atau menyepelekan janji dengan orang lain. Karena kebiasaan menyepelekan dan mengingkari janji adalah watak dan sifat orang yang munafik. Baca juga: Pengertian Sabar Dalam Islam dan Macam-Macamnya

Hadist Tentang Menepati Janji

Rasulullah Saw bersabda:

اَرْبَعٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ كَانَ مُنَا فِقًاخَالِصًا، وَمَنْ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنْهُنَّ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنَ النِّفَاقِ حَتّٰى يَدَعَهَا:اِذَاىْٔتُمِنَ خَانَ، وَاِذَاحَدَّثَ كَذَّبَ، وَاِذَاعَاهَدَغَدَرَ، وَاِذَاخَاصَمَ فَجَرَ

Artinya: “Empat sifat, barang siapa yang memiliki empat sifat itu, ia betul-betul orang yang munafik: dan barang siapa yang memiliki salah satu dari empat sifat itu, maka ia memiliki salah satu dari sifat-sifat kemunafikan sehingga ia mau meninggalkannya, yaitu; jika dipercaya khianat, jika bicara berdusta, jika berjanji mengingkari dan jika bertengkar melampaui batas.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam hadist lain diterangkan, meskipun ia berpuasa dan melakukan shalat serta mengaku dirinya seorang muslim. Namun jika menjalankan empat sifat tersebut, maka ia sama dengan orang yang munafik.

Allah SWT berfirman:

وَأَوْفُوا بِالْعَهْدِ إِنَّ الْعَهْدَ كَانَ مَسْئُوْلًا

Artinya: “Dan penuhilah janji, sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungan jawabnya.” (QS Al-Isra’ : 34)

Baca juga : Pengertian Ikhlas dan Pentingnya Ikhlas dalam Islam

Demikianlah mengenai pentingnya menepati janji. Semoga kita menjadi orang yang selalu menepati janji baik itu kepada saudara, teman maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Agar kita mendapatkan kepercayaan dari orang lain serta di akhirat kelak kita terbebas dari pertanggungjawaban. Semoga mengenai pentingnya menepati diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.