Berbakti Kepada Kedua Orang Tua Dalam Islam

Posted on

Berbakti Kepada Kedua Orang Tua – Sebelum kita dilahirkan ke dunia, kita berada dalam kandungan ibu selama sembilan bulan atau kadang-kadang lebih. Betapa beratnya dapat kita bayangkan. Pemeliharaan ibu kepada kita sejak dalam kandungan, sampai kita dilahirkan dan terus menerus sampai dewasa.

Maka sudah selayaknya kita berbakti kepada ibu dengan penuh hormat dan kasih sayang. Anak akan mendapat pahala besar sekali dari Allah oleh karenanya. Kalau kita sebut jasa ibu, kasih ibu dan cinta ibu, maka jasa ayah (bapak) dan cintanya tak kurang pula. Tidak ada seorang ayah pun yang tidak mencintai anaknya.

berbakti kepada kedua orang tua dalam islam

Walaupun ayah tidak bersama sehari-hari tetapi ayah berjuang membanting tulang dan tenaganya, bahkan seluruh waktunya hampir dicurahkan untuk mencari nafkah hidup karena cinta dan kasih sayang kepada anaknya.

Karena hal yang demikian maka berbakti dan memuliakan serta menghormati ibu dan ayah adalah tanda berbudi dan menjadi tuntunan agama kita. Melayani dan mengurus keperluan ayah ibu di kala mereka memerlukan adalah kewajiban bagi semua anak.

Kedurhakaan kepada kedua orang tua adalah akan menyebabkan kesengsaraan belaka. Sebaliknya kepatuhan dan taat berbakti kepada kedua orang tua, pasti akan membawa kebahagiaan dunia dan akhirat. Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an:

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Artinya: “Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya karena  kasih sayang dan ucapkanlah – wahai Tuhanku berilah rahmat kepada keduanya keduanya sebagaimana keduanya telah memelihara sejak kecil.” (QS Al-Isra’: 24)

Sebab-Sebab Kita Wajib Berbakti Kepada Orang Tua

Setiap orang mempunyai kewajiban untuk berbakti dan berperilaku sopan santun kepada orang tua. Jika tidak berbakti kepada orang tua, maka kita termasuk orang yang durhaka dan durhaka kepada orang tua termasuk dosa besar yang tidak bisa di ampuni oleh Allah SWT, kecuali dengan bertobat dan meminta maaf kepada kedua orang tua. Nah berikut ini sebab-sebab kenapa kita harus berbakti kepada kedua orang tua kita, diantaranya yaitu:

1. Orang tua kita adalah orang yang paling berjasa kepada kita.

2. Orang tua merupakan orang yang memberikan cinta dan kasih sayang yang murni kepada kita. Mereka rela berkorban tanpa menuntut balas.

3. Keridhaan Allah Swt, tergantung pada keridhaan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua. Hal ini sesuai dengan sabda rasulullah Saw berikut ini:

رِضَى اللهِ فِى رِضَى الْوَالِدَيْنِ، وَسُخْطُ اللهِ فِي سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ

Artinya: “Keridaan Allah itu tergantung pada keridaan orang ibu bapak dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan ibu bapak.” (HR Tabrani)

Hadist diatas menerangkan bahwa Allah Swt akan meridhai atau pun memurkai kita menurut keridhaan dan kemurkaan kedua orang tua. Jika orang tua murka maka Allah Swt akan memurkai pula.

Baca juga: Sikap Baik Kepada Saudara Dalam Islam

Cara Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Kita sebagai seorang anak sudah kewajiban kita berbakti kepada orang tua, akan tetapi kita terkadang menyakiti hatinya apa lagi jika orang tua kita sudah tua. Kita seharusnya senantiasa merendahkan diri terhadap mereka dengan penuh kasih sayang, serta selalu mendoakan mereka agar kedua orang tua selalu di kasihi Allah Swt. Sebagaimana mereka mengasihi dan mendidik kita dari kecil.

Berikut merupakan beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam berbakti kepada orang tua, diantaranya yaitu:

1. Kita wajib berperilaku baik kepada kedua orang tua, sopan dan hormat kepada keduanya.

2. Wajib mematuhi perintah keduanya, selama perintahnya tidak bertentangan dengan agama. Apabila perintahnya bertentangan dengan agama, kita tidak perlu mematuhinya, akan tetapi tidak boleh berkata kasar dan tetap perilaku baik.

Allah Swt berfirman : “Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya dan pergaulilah keduanya didunia dengan baik.” (QS Luqman :15)

3. Kita wajib mengikuti nasihat mereka, jika kita ditegur maka kita harus sadar bahwa perbuatan yang kita lakukan itu tidak diridai mereka.

4. Wajib membantu pekerjaan keduanya dalam kegiatan sehari-hari.

5. Kita Wajib menjaga nama baik ke dua orang tua dengan cara selalu berbuat baik.

6. Kita wajib memelihara dan menjaga mereka, apalagi jika kedua orang tua kita sudah tua, renta. Dan kita dilarang berkata kasar atau membentak mereka.

“Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS Al Isra : 23)

Baca juga: Berbuat Baik Kepada Tetangga Dalam Islam

Berbakti Kepada Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia

Apabila kedua orang tua itu telah meninggal pun kita sebagai anak masih berkewajiban berbakti kepada mereka, yaitu :

1. Menyembahyangkan jenazahnya.

2. Memintakan ampun kepada Allah SWT.

3. Menyempurnakan janjinya,

4. Memuliakan sahabatnya dan,

5. Menghubungi sanak keluarga yang berikatan dengan keduanya.

6. Melaksanakan nasihat mereka pada waktu masih hidup

7. Menjaga nama baik mereka.

8. Mendoakan keduanya agar diampuni dosanya dan dikasihi Allah Swt.

Demikianlah diantara cara berbakti kepada kedua orang tua, yang telah digariskan dalam Al-Qur’an dan sunnah Rasul, yakni agar kita senantiasa berbuat baik kepada kedua orang tua, baik ketika masih hidup maupun setelah mereka meninggal dunia. Di waktu mereka masih hidup, kita disuruh berbakti dengan cara membantu meringankan beban atau kebutuhan kedua orang tua, terutama apabila mereka telah lanjut usia, karena sudah tidak mampu usaha mencair rezeki, maka kita sebagai anaknya harus menanggungnya. Dan jika mereka telah meninggal agar kita senantiasa mendoakan agar mereka diberi ampun segala dosanya oleh Allah SWT. dan agar diberi rahmat oleh Allah SWT.

Berbakti kepada orang kedua orang tua setelah beliau meninggal, apabila kedua orang tua kita meninggal masih dapat meneruskan bakti kita kepada mereka, sebagaimana Rasulullah saw bersabda:

Artinya : “Telah datang seorang laki-laki (kepada Rasulullah saw) lalu ia bertanya: “Ya Rasulullah, masih adakah kebaikan yang dapat saya kerjakan untuk ibu bapak sesudah meninggalnya ? Rasulullah menjawab:”Ya. Yaitu menyembahyangkan (jenazah) mereka, memintakan ampun kepada Tuhan, menyempurnakan janji mereka, memuliakan sahabat mereka, dan selalu bersilaturahmi dengan orang yang bertalian dengan mereka (kedua orang tua).” (HR. Abu Daud)

Demikianlah uraian mengenai berbakti kepada kedua orang tua dan cara berbakti kepada mereka baik pada saat mereka masih hidup serta saat mereka sudah tiada. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat dan menambah rasa cinta, hormat dan kasih sayang kita kepada kedua orang tua kita, seperti mereka menyayangi kita dari waktu kecil. (muslimpintar.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.