Pengertian Qanaah dan Tasamuh Lengkap dengan Manfaatnya

Posted on

Muslimpintar.com – Kita sebagai seorang muslim harus menanamkan Akhlak yang baik dalam diri dan membuang jauh-jauh akhlak buruk, agar hidup terasa damai dan bahagia baik didunia maupun diakhirat kelak. Begitu banyak sifat terpuji yang harus dimiliki seorang muslim diantaranya yaitu qanaah dan tasamuh (toleransi). Dengan menanamkan sifat terpuji dalam diri tentu saja kehidupan didunia akan lebih baik dan juga akan menjauhkan diri dari perbuatan buruk yang akan merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Mengingat begitu pentingnya menanamkan sifat terpuji dalam diri seperti halnya qanaah dan tasamuh (toleransi). berikut ini merupakan penjelasan mengenai sifat Qanaah dan Tasamuh lengkap dengan manfaat serta fungsinya untuk diri sendiri dan kehidupan bermasyarakat.

pengertian qanaah dan tasamuh

Pengertian Qanaah dan Manfaatnya

Yang dimaksud dengan qanaah adalah menerima atau merasa cukup dengan apa yang telah dimiliki, dan menjauhkan diri dari sifat merasa tidak puas dan selalu merasa kurang yang berlebihan. Orang bersikap qanaah bukan orang yang bermalas-malasan dan tidak mau berusaha meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Namun mereka telah bekerja dengan keras, untuk memperbaiki hidupnya tetapi hasilnya masih jauh dari apa yang diharapkan.

Baca juga : Pengertian Ridha dan Hikmah Bersikap Ridha

Dalam keadaan yang seperti itu mereka tetap menerima dan berlapang dada dan merasa apa yang diperoleh merupakan ketentuan Allah Swt. Allah Swt berfirman:

Artinya : “Dan tidak ada suatu binatang melatapun di bumi ini melainkan Allah-lah yang memberi rezeki.” (QS Hud :6)

Setiap muslim perlu menanamkan sikap qanaah dalam dirinya supaya tidak memiliki sifat serakah dan tamak. Sifat Qanaah tidak dapat dimiliki begitu saja, namun perlu dilatih dan dibiasakan. Memang awalnya terasa berat, tetapi jika sudah terbiasa akan terasa ringan dalam menghadapi suatu masalah datang. Karena orang yang qanaah tidak diukur berdasarkan harta akan tetapi berdasarkan hati.

Rasulullah saw bersabda:

عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لَيْسَ الْغِنٰى عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ وَلًكِنَّ الْغِنٰى النَّفْسِ

Artinya : Dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi Saw bersabda “Bukanlah kekayaan itu karena banyak harta benda, tetapi kekayaan yang sebenarnya adalah kekayaan hati.” (HR Bukhari dan Muslim)

اَلْقَنَاعَةُ كَنْزٌ لَايَفْنَى

Artinya : “Qanaah itu adalah simpanan yang tak akan lenyap.” (HR Tabrani)

Fungsi Sifat Qanaah

Sifat qanaah memiliki beberapa fungsi diantaranya yaitu;

  1. Sebagai Stabilisator, Karena orang yang memiliki sifat qanaah selalu lapang dada, mempunyai hati yang tentram, merasa kecukupan, bebas dari keserakahan karena hakikatnya kekayaan atau kemiskinan terletak pada hati bukan pada harta
  2.  Sebagai Dinamisator, Sifat qanaah merupakan kekuatan yang mendorong sesuatu untuk meraih kemajuan hidup berdasarkan kemandirian dengan selalu bergantung kepada karunia Allah Swt.

Manfaat Sifat Qanaah

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sifat qanaah diantaranya yaitu:

  1. Akan terhindar dari sifat-sifat yang merendahkan martabat seperti tamak.
  2. Terhindar dari rasa kekurangan dan kekhawatiran
  3. Memiliki hati yang sabar dan penuh dengan ketabahan
  4. Akan mendapatkan kebahagian
  5. Menjadikan jiwa tenang dan tentram
  6. Akan mendapatkan pahala

Baca juga : Pengertian Egois Dan 5 Akibat Sifat Egois Dalam Islam

Pengertian Tasamuh (Toleransi) dan Manfaatnya

pengertian tasamuh toleransi

Dalam Islam toleransi disebut dengan istilah Tasamuh. Tasamuh atau Toleransi adalah sikap menghargai dan menghormati perasaan orang lain. Dengan menjaga ucapan dan perbuatan seperti tidak menyebarkan keburukan orang lain. Sebagai seorang muslim kita harus rendah hati, karena disisi Allah Swt setiap manusia itu sama, yang membedakan hanyalah tingkat ketakwaannya. Allah Swt berfirman dalam surat Al-Hijr ayat 88:

Artinya : “Dan berendah hatilah kamu terhadap orang-orang yang beriman.” (QS Al-Hijr :88)

Hadits tentang tasamuh

Rasulullah Saw bersabda :

اَلْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةُ لَافَضْلُ لِاَحَدِ عَلٰى اَحَدٍ اِلَّا بِالتَّقْوَى

Artinya : “Orang-orang Islam itu satu sama lain bersaudara, tiada lebih seorang atas seorang yang lain kecuali karena ketakwaannya.” (HR Thabrani)

Kita sesama umat islam diibaratkan seperti satu tubuh, sehingga penderitaan seorang muslim merupakan bagian penderitaan muslim yang lainnya. Begitu pula sebaliknya, kegembiraan seorang muslim merupakan kegembiraan muslim yang lainnya.

Rasulullah Saw bersabda:

مَثَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ فِيْ تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ كَمَثَلِ الْجَسَدِ اِذَا شْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَا ىِٔرُ الْجَسَدِ بِالسَّهْرِ وَالْحُمَّى

Artinya : “Perumpamaan sesama mukmin dalam saling mencintai, menyayangi dan mengasihi adalah bagaikan satu tubuh. Apabila satu anggota tubuh menderita, maka menjalarlah penderitaan itu keseluruh tubuh sehingga tidak dapat tidur dan merasa panas badan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Sebagai seorang muslim yang baik tentunya harus memberikan hak kepada sesama. Rasulullah Saw mengingatkan mengingatkan hak antara sesama muslim dalam sebuah hadits. Berikut adalah bunyi haditsnya.

Rasulullah saw bersabda:

حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاَتْبِعْهُ

Artinya : “Hak seorang muslim terhadap muslim yang lain itu ada enam, (pertama) apabila engkau berjumpa berilah salam kepadanya, (kedua) apabila ia mengundangmu, penuhilah undangan itu, (ketiga) apabila ia meminta nasihat kepadamu, nasihatilah dia, (keempat) apabila ia bersin kemudian ia memuji Allah (membaca Alhamdulillah), doakanlah dia, (kelima) apabila ia sakit, tengoklah dia, (keenam) apabila meninggal dunia iringkanlah dia.” (HR Muslim)

Hadits diatas menerangkan bahwa hak seorang muslim kepada muslim lainnya ada 6 yaitu:

  1. Saling mengucapkan salam
  2. Memenuhi undangan
  3. Memberi nasihat jika meminta nasihat
  4. Mendoakan ketika bersin
  5. Menengok nya ketika sakit
  6. Mengantar jenazahnya apabila meninggal dunia

Manfaat Sifat Tasamuh

Fungsi dan manfaat sifat tasamuh (toleransi ) dalam kehidupan diantaranya adalah:

  1. Mempererat tali persaudaraan
  2. Mempererat kesatuan dan persatuan
  3. Terhindar dari perpecahan dan permusuhan
  4. Saling mengakui dan menghargai keberadaan orang lain
  5. Dapat merasakan kebahagian dan penderitaan orang lain
  6. Mampu menempatkan diri pada situasi yang dialami orang lain

Baca juga : Pengertian Adil Dan Hikmah Bersifat Adil Dalam Islam

Itulah penjelasan mengenai sifat Qanaah dan Tasamuh (Toleransi) lengkap dengan fungsi dan manfaatnya. Dengan menanamkan sifat qanaah dan tasamuh semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.